Google Reader Ditutup Awal Juli Mendatang

  • Share
  • Share on Tumblr
  • SumoMe
  • Share
  • Share on Tumblr

Ini merupakan postingan pertama yang dibuat melalui perangkat mobile karena tema yang akan dibahas ini memang untuk percobaan bikin postingan pake perangkat Android.

Google Reader pada awal bulan Juli mendatang, tepatnya tanggal 1 Juli 2013 akan ditutup layanannya oleh perusahaan raksasa tersebut. Hal ini menimbulkan reaksi dari banyak penggunanya yang diluapkan melalui akun media sosialnya seperti di Twitter.

Hal ini menunjukkan bahwa alasan dugaan Google Reader ditutup karena kurang diminati konsumen sangat tidak relevan mengingat jumlah pengguna yang berteriak di media sosial yang menyayangkan penutupan layanan Google Reader. Pengguna internet seakan-akan sudah dibuat oleh Google untuk memiliki ketergantungan dengan produk-produk yang dibuat oleh Google walaupun Google itu produk intinya adalah Search Engine dan Advertising.

Merasa tidak? kalo perilaku berinternet kita ini sudah dimudahkan dan sudah ketergantungan oleh produk-produknya Google. Pake bayar gak? pasti sudah ada yang pake berbayar karena sudahyakin dengan kredibilitas produk-produknya.

Alternatif lainnya ketika nantinya Google Reader ditutup?

Kejadian seperti ini tentunya akan menguntungkan kompetitor-kompetitor yang memiliki produk sejenis. Dengan ditutupnya layanan Google Reader pastinya pengguna dari Google Reader akan mencari alternatif lainnya yang sejenis. Dan keuntungan lainnya adalah nama dari produk alternatif akan selalu disebut di setiap artikel yang ditulis baik di media berita, blog maupun disebutkan di media sosial oleh jutaan orang.

Alternatif yang sejenis dengan Google Reader yang juga sama-sama pake Web Base antara lain adalah :
1. NetVibes
2. NewsBlur
3. Feedly

Selain itu jika ingin pake aplikasi desktop bisa pakai FeedDemon.

Kenapa Google menutup beberapa layanannya?

Kalo boleh kita nebak-nebak antara lain adalah :
1. Uang.
Google ingin mendapatkan penghasilan lebih daripada Google yang sebelum-sebelumnya yang selalu memberikan layanan gratis.

2. Efisiensi Resource
Server yang dibutuhkan untuk melayani produk layanan-layanan non-profit yang penggunanya sangat banyak tentunya juga mengakibatkan pemborosan biaya operasional.

3. Produk susah untuk di-monetizing.
Produk-produk layanan yang susah untuk dimonetizing satu per satu akan ditutup oleh Google.

Demikian, ngetik pake Android jadi selalu pengen menyingkat kata seperti ngetik SMS hehehe…

Tulisan diatas merupakan opini saya, silakan dikomentari.

Kini giliran Anda untuk ungkapkan opini tentang Google Reader di bagian komentar di bawah ini.

About Wamir

Wamir hanyalah seorang pengamat semua bidang pengetahuan terutama pengetahuan tentang internet seperti SEO, Social Media, dan perkembangan teknologi website. Selain itu juga menggemari pengetahuan tentang bisnis, baik offline maupun online. Dia juga gemar berbagi pengetahuan apapun yang sudah diketahuinya.
This entry was posted in Google, Internet and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>