Strategi-Strategi Retailer Indomaret dan Alfamart

  • Share
  • Share on Tumblr
  • SumoMe
  • Share
  • Share on Tumblr


Terciumnya strategi bisnis dari retailer Indomaret dan Alfamart oleh saya, sebagai pemilik blog ini merupakan sebuah perkiraan semata dan tidak ada sangkut pautnya dengan orang internal dari kedua perusahaan retailer tersebut. Perkiraan ini kalaupun ada kebenarannya, hal itu hanyalah sebuah kebetulan semata.

Sebelumnya saya pernah menulis di status facebook saya mengenai perusahaan retailer ini yang makin lama makin populer namanya di kalangan masyarakat Indonesia. Status saya seperti berikut :

‎(10 tahun lalu) Ayo maaak jadi berangkat belanja!!! Tujuannya ke pasar
(10 tahun depan) Ayo maah jadi berangkat belanja!!! Tujuannya ke Indomaret, alfamart…

Dari status saya di atas sudah menunjukkan bahwa kedua perusahaan retailer tersebut nantinya akan menggeser kebiasaan masyarakat yang biasanya belanja ke pasar menjadi belanja ke kedua retailer tersebut.

Dengan begitu kita bisa menebak arah tujuan dari kedua retailer tersebut menjadi dua yakni jangka pendek dan jangka panjangnya.

TUJUAN JANGKA PENDEK

Tujuan jangka pendek dari kedua retailer tersebut sudah dapat dirasakan oleh pedagang retail kecil yang sudah mulai merasa berkurang daya jualnya. Toko-toko kecil yang jualan kebutuhan sehari-hari sudah mulai kesulitan berjualan barang jualannya. Walaupun dari sisi harga Indomaret dan Alfamart mungkin ada yang lebih mahal daripada toko biasa, konsumen masih tetap untuk berbelanja ke perusahaan retailer nasional ini. Hal ini menyebabkan toko biasa milik masyarakat kecil makin lama makin tidak bisa menjual barangnya secara cepat. Apalagi pelayanan dari toko kecil sering kesulitan dalam hal uang kembalian dan penjaga toko kelontong tidak standby (terkadang tidur pulas) sehingga pelanggan merasa malas untuk kembali lagi beli di toko kelotong.

Pedagang lainnya yang juga merasakan hal yang sama adalah pedagang buah di pinggiran jalan yang telah merasakan sulit berjualan buah-buahan ketika kedua retailer tersebut juga berjualan buah-buahan nan segar.Sehingga nantinya pedagang buah-buahan pun akan merasakan kesulitan bersaing melawan kedua perusahaan retailer itu.

Pengusaha lainnya yang nantinya akan merasa tersaingi oleh Indomaret dan Alfamart adalah penjual pulsa untuk ponsel. Dimana saat ini kedua retailer tersebut sedang menjajaki pasar pembeli pulsa elektrik yang nantinya jika mengalami perkembangan akan langsung mematikan penjual pulsa lainnya.

Dan nantinya juga dapat di tebak, kedua retailer ini akan jualan sayur mayur jika sudah pada waktunya dan otomatis akan menggeser pasar tradisional seiring mengikuti perkembangan jaman dan perkembangan modernisasi masyarkat dalam hal berbelanja.

Dari sekian banyak pedagang yang mulai kesulitan melawan persaingan yang sangat ketat, semuanya adalah pedagang kecil yang tersebar di tengah-tengah masyarakat.

TUJUAN JANGKA PANJANG

Tujuan jangka panjang dari kedua retailer ini adalah menguasai distribusi produk dan pasar sudah dikuasai oleh mereka ini yang secara otomatis pasar telah di kendalikan. Jika hal ini terjadi maka produsen mau tidak mau harus melalui mereka untuk mendistribusikan produknya.

Tapi di lain pihak Indomaret dan Alfamart juga membuat produk sendiri yang bekerjasama dengan produsen kecil untuk melawan produk berkelas yang harganya sangat jauh lebih murah. Sehingga hal ini menyebabkan produk bermerek pun dari produsen besar juga akan mengalami kesulitan menjual produknya. Kalaupun ingin menjual produknya sendiri, sebuah produsen besar tidak memiliki alat distribusi seperti yang dimiliki oleh Indomaret dan Alfamart yang sudah tersebar dimana-mana yang jaraknya sudah mulai berdekatan.  Produsen besar ingin bersaing ? Seperti sudah terlambat jika ingin melakukan hal yang sama.

Jika hal itu sudah terjadi maka sebuah produsen besar tak akan berkutik dengan kedua retailer ini yang sudah memiliki beragam produk dengan mereknya sendiri yang harganya lebih murah dengan pautan yang sangat jauh. Konsumen mengalami terapi perlahan-lahan untuk beralih ke produknya Indomaret ataupun Alfamart.

Sebenarnya masih ada lagi yang ingin disampaikan disini mengenai prediksi strategi para retailer ini dan sebaiknya ini saja dulu. Biar masyarakat mempelajari kembali tentang sepak terjang mereka ini. Silahkan kalau ada yang ditanyakan ataupun ingin sharing ataupun debat. Isi saja komentar di bawah postingan ini. Okay?

About Wamir

Wamir hanyalah seorang pengamat semua bidang pengetahuan terutama pengetahuan tentang internet seperti SEO, Social Media, dan perkembangan teknologi website. Selain itu juga menggemari pengetahuan tentang bisnis, baik offline maupun online. Dia juga gemar berbagi pengetahuan apapun yang sudah diketahuinya.
This entry was posted in Bisnis, Opini and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>