Cara memanfaatkan Twitter untuk Bisnis

  • Share
  • Share on Tumblr
  • SumoMe
  • Share
  • Share on Tumblr


  1. Perluas Jaringan Anda
    Dengan menggunakan Twitter, anda bisa memanfaatkan untuk bertemu dengan banyak orang untuk memperluas jaringan anda. Untuk memperluas jaringan ini harus disesuaikan / lebih selektif dengan bisnis yang anda geluti agar keinginan anda untuk memperluas jaringan dapat tercapai. Misalkan cari kata kunci (keyword) yang sesuai dengan bisnis anda, kemudian ikuti (follow) twitter mereka.Setelah itu anda bisa melakukan langkah memprospek calon customer yang memiliki potensi untuk bisnis anda.
  2. Jangan Pelit ilmu untuk membangun kredibilitas
    Jika ada sesuatu yang dibagikan kepada mereka, jangan sungkan-sungkan untuk memberikan arahan ataupun penjelasan kepada mereka tentang aturan atau prosedur untuk mendapatkannya. misalkan kalo ada acara seminar gratis atau produk gratis, berikan penjelasan kepada mereka. Dengan Twitter hal itu bisa dilakukan dengan baik, dan bisa ditambahkan link berupa presentasi ataupun berupa video.
  3. Beri tanda tebal jika hal itu istimewa
    Twitter menyediakan 140 huruf untuk setiap posting status dan dari tulisan anda perlu memberi tanda pada kata-kata yang menurut anda istimewa untuk diketahui oleh mereka. Hal itu untuk mendapatkan perhatian khusus dari mereka ketika mereka sedang membaca.
  4. Memantau apa yang terjadi di Twitter
    Dengan Twitter ini anda bisa mengarahkan mereka ke sebuah website anda yang disitu anda memberikan informasi yang sangat berguna bagi mereka. Selain itu tetap fokus membangun hubungan untuk meningkatkan reputasi bisnis anda.

    Jangan takut melakukan pemantauan apa yang sedang terjadi di Twitter yang berkaitan dengan customer anda , pesaing bisnis anda dan informasi lainnya tentang bisnis anda (rumor plus minus bisnis anda).

    Jangan berpikiran tentang keuntungan berbisnis tapi apa yang bisa anda pelajari dari berbagai macam informasi yang berkaitan dengan bisnis anda dan apa saja yang bisa anda berikan kepada mereka.

    Gunakan aplikasi gratis dari Mr. Tweet untuk memeriksa profile anda dan mencari hal-hal yang berkaitan dengan bisnis anda.

  5. Komunikasikan dengan karyawan
    Dengan menggunakan Twitter ini bisa dijadikan sebagai alat yang lebih murah dan menghemat waktu anda dengan karyawan anda.Dengan Twitter bisa menggantikan email dan telepon untuk menjelaskan sesuatu kepada karyawan atau tim karyawan anda.  Dengan begitu informasi yang disampaikan sebaiknya hal-hal yang layak untuk dikonsumsi oleh publik karena itu nantinya bisa diketahui oleh publik tentang apa yang anda kerjakan dengan bisnis anda.

    Sekarang ini bisnis makanan banyak yang menampilkan open kitchen ? jadi yah seperti itu deh …. transparan bisnis.

  6. Jalankan promosi dan kesepakatan kerjasama istimewa
    Dengan menggunakan Twitter banyak cara yang bisa dilakukan untuk menarik minat seseorang dan lebih aman untuk didatangi oelh mereka. Misalkan dengan memberikan  sesuatu yang spesial kepada mereka melalui Twitter seperti discount, produk contoh, Voucher secara gratis.

    Hampir semua jejaring sosial bisa digunakan untuk melakukan promosi sesuai dengan target marketing karena mereka yang bergabung mayoritas memang ada loyalitas dengan produk anda.

  7. Terima komplain dari customer
    Dengan menerima komplain dari customer secara terbuka melalui twitter berarti customer lain juga bisa dan sehingga mereka bisa mengetahui seberapa baik perusahaan anda dalam melayani customer.

    Dengan Twitter juga bisa memberikan respon komplain secara cepat sehingga komunikasi sangat efektif.Dan publik membentuk opini sendiri tentang perusahaan anda.

  8. Interaksi dengan pesaing bisnis anda
    Dengan Twitter ini anda bisa memantau pesaing anda setiap hari dan di sistem Twitter, anda memang dibebaskan untuk mengikuti perusahaan lain, tenaga ahli, pimpinan dari perusahaan pesaing anda. Dengan begitu anda bisa memantau dan menganalisa produk/proyek terakhir dari pesaing anda yang kemungkinan memiliki kesalahan ataupun cacat yang lain.

  9. Kelola pertemuan melalui twitter
    Dengan Twitter juga bisa membantu anda untuk mengelola pertemuan dengan orang lain ataupun partner lain untuk menjalin sebuah hubungan kerjasama dengan anda melalui pesan yang anda pasang di Twitter.

  10. Ciptakan customer loyal pada brand anda
    Dengan Twitter anda bisa lebih dekat dengan customer anda yang menjadi follower di Twitter anda. Semua orang yang menjadi follower ini merupakan customer yang berpotensi terhadap bisnis anda. Untuk itu anda perlu membantu mereka yang menggunakan produk atau layanan dari bisnis anda.
    Kalau sudah begitu kegiatan tersebut pastinya akan menambah lebih banyak lagi orang yang akan menjadi customer dari bisnis anda dan menjadi customer loyal anda.

About Wamir

Wamir hanyalah seorang pengamat semua bidang pengetahuan terutama pengetahuan tentang internet seperti SEO, Social Media, dan perkembangan teknologi website. Selain itu juga menggemari pengetahuan tentang bisnis, baik offline maupun online. Dia juga gemar berbagi pengetahuan apapun yang sudah diketahuinya.
This entry was posted in Internet and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>