Yahoo! Tergiur Market Indonesia

  • Share
  • Share on Tumblr
  • SumoMe
  • Share
  • Share on Tumblr

meme


Penggunaan internet di wilayah Indonesia ini masih tergolong baru mengalami booming / membudaya ditahun-tahun terakhir ini. Penggunaan internet mengalami booming ini mungkin dikarenakan makin maraknya social networking / jejaring sosial seperti Friendster.com kemudian semakin menggila lagi semenjak ada Facebook.com yang bisa menarik minat para pengguna internet.

Trend di internet tentang social network ini akhirnya membuat semua website mengadopsi konsep social networking diterapkan / disesuaikan dengan content websitenya yang sebelumnya hanya biasa-biasa saja seperti pada umumnya sebuah website.

Trend social networking ini juga membuat perusahaan besar seperti Yahoo! merasa berminat untuk membuat konsep yang sama yaitu 360º yang akhirnya tidak terlalu diminati oleh pengguna internet. Namun perjuangan Yahoo! tidak berhenti sampai disitu saja yang kemudian muncul feature baru dari Yahoo! yaitu meme dengan URL http://meme.yahoo.com/ yang artinya sharing.

Diawal munculnya meme ini masih menggunakan alamat dan nama seperti diatas itu, namun sekarang alamat tersebut masih bisa diakses akan tetapi di redirect ke alamat yang baru dan nama yang baru pula yaitu menjadi “mim” dengan alamat URL http://mim.yahoo.com/.

Sedangkan bahasa yang digunakan pertama kali feature baru milik Yahoo! ini muncul, hanya menggunakan 2 bahasa yaitu Spanyol dan Portugis. Setelah feature ini mantab dan percaya diri bisa digunakan oleh user, akhirnya ditambahkan bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Hah bahasa Indonesia ? kok … tumben ..

Iya bahasa Indonesia, seperti yang tercantum pada gambar yang saya capture diatas yang menunjukkan adanya bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia biasanya sih digunakan oleh perusahaan gede Amrik setelah beberapa sekian lamanya baru deh berikutnya memasang bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia menjadi bahasa yang diprioritaskan belakangan setelah beberapa negara besar lainnya. Tapi sekarang Yahoo! memiliki keputusan lain dalam memasang bahasa Indonesia di websitenya yaitu dipasang bebarengan dengan Bahasa Indonesia.

Hal ini sepertinya Yahoo! memandang pengguna internet Indonesia ini memiliki prospek tinggi sehingga bahasa Indonesia diprioritaskan terlebih dahulu daripada bahasa negara lain. Prioritas bahasa Indonesia ini dipasang oleh Yahoo! kemungkinan karena pengguna internet di Indonesia ini memiliki  karakteristik yang unik yaitu cepet  booming ketika sebuah trend baru mencuat di masyarakat. Masyarakat Indonesia ini sekali ada yang sukasesuatu pasti yang lain akan ikut-ikutan dan tak mau kalah soal gengsi.

Indonesia akan menjadi target berikutnya jika hal ini diketahui oleh perusahaan besar dibidang internet lainnya.

Anda akan dijadikan target market untuk internet bisnis mereka-mereka ini…hehehehe….

About Wamir

Wamir hanyalah seorang pengamat semua bidang pengetahuan terutama pengetahuan tentang internet seperti SEO, Social Media, dan perkembangan teknologi website. Selain itu juga menggemari pengetahuan tentang bisnis, baik offline maupun online. Dia juga gemar berbagi pengetahuan apapun yang sudah diketahuinya.
This entry was posted in Internet, Yahoo! and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>