Cara-cara Untuk Memenangkan Kompetisi Bisnis

  • Share
  • Share on Tumblr
  • SumoMe
  • Share
  • Share on Tumblr

customer_service1

1. BERIKAN SESUATU

Selalu Memberikan Sesuatu Yang Tak Terduga Kepada Mereka (user)

Berikan hal-hal yang sekiranya dianggap  oleh user lebih dari yang diharapkan sebelumnya ketika menikmati layanan dari perusahaan anda. Ketika seseorang sedang menikmati layanan yang anda sediakan, pastinya orang tersebut akan mengira hanya mendapatkan sesuatu yang sewajarnya.
Misal : ketika seorang user sedang browsing disebuah website yang menyediakan informasi berita, pastinya si user akan beranggapan dirinya hanya akan mendapatkan informasi saja dari website tersebut. Namun jika pemilik website tersebut bisa mengetahui siapa user ini, kesetiaan user ini pada website kita dan kita berikan sesuatu yang tak terduga,  si user ini pasti akan merasa senang.

Dengan seorang user login pada sebuah website biasanya user akan mendapatkan layanan-layanan tambahan yang diperolehnya secara gratis atau mendapatkan bonus atau hadiah berharga yang tak terduga dari perusahaan penyedia layanan.

Beri Kesempatan Mencoba

Berikan kesempatan untuk mencoba layanan atau produk baru anda kepada user. Sangat mungkin sekali user tidak akan mengetahui layanan baru anda jika tidak mengawali memberi kesempatan kepada mereka, bahwa anda memiliki layanan baru yang sebenarnya memang sangat bermanfaat untuk mereka.
Contoh : google memiliki layanan baru yang kemudian diberikan kepada publik secara bertahap untuk mencoba layanan google wave, sebelum diberikan kepada publik google sudah melakukan promo ke media-media tentang layanan yang akan diluncurkan.

Buat User Merasa Diistimewakan

Dengan melakukan sesuatu yang bisa menjadikan user merasa diistimewakan, misalnya mendapat cinderamata, bonus, hadiah atau sesuatu yang istimewa akan selalu berguna bagi kita. Dengan begitu permasalahan yang ditemui oleh user akan bisa kita tangkap untuk memperbaiki layanan kita. Selain itu pula kita juga perlu memilih user mana yang memiliki potensi untuk itu.

2. MENDENGARKAN MEREKA

Dengarkan Dengan Baik

Benar-benar mendengarkan mereka demi tujuan tersembunyi kita dan jangan memberikan solusi dari kita untuk memaksakan kepada customer. Kemukakan kembali apa yang telah dikatakan oleh customer bahwa anda sudah mengerti maksud si customer/user. Selain itu juga mendengarkan pesan emosial yang disampaikan oleh user.

Ijinkan Mereka Bercerita atau Curhat Pengalaman

Customer atau user potensial memiliki cerita yang bagus dan ide-ide yang bisa kita ambil.  Dengan mereka bercerita berarti mereka mengatakan tentang sesuatu yang sangat diharapkan oleh customer dari layanan yang kita sediakan.

Terima Kritikan

Dengan adanya kritikan seharusnya kita tidak perlu ditanggapi dengan emosi karena dengan adanya kritikan dari orang apalagi kritikan dari user kita, nantinya dari kritikan tersebut akan muncul ide-ide dan solusi untuk memperbaiki layanan kita. Feedback dari customer juga harus disediakan untuk menangkap kritikan ataupun masukan berupa saran.

Jangan Jualan, Fokus Mendengarkan dan Beri Solusi

Orang tidak akan suka ketika sedang memiliki permasalahan atau sedang nongkrong membicarakan tentang suatu hal kemudian anda secara terbuka/terus terang anda menawarkan sebuah produk yang anda jual. Jika anda ingin mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, anda harus menjadi salah satu dari mereka untuk mendengarkan mereka dan memahami permasalahan mereka sebenarnya. Berikan mereka sebuah solusi tanpa dipungut biaya sepeserpun dan tanpa adanya penawaran produk yang anda jual kepada mereka.

Jika mereka sudah mendapatkan bantuan dari  anda, dan mereka nantinya akan percaya kepada anda kemudian ketika mereka sudah percaya dengan anda mereka akan meminta kepada anda dimana mereka bisa membeli dan produk apa saja yang anda jual.

3. LEBIH TRANSPARAN

Tunjukkan Apa Yang Anda Lakukan

Dengan menunjukkan secara terbuka /transparan kepada customer seperti proses produksi, memperbaiki dll menunjukkan bahwa customer anda lebih tahu bahwa anda memang memiliki keahlian tersebut. Misalkan seperti koki masak yang di letakkan didepan warung sehingga customer bisa melihat secara langsung proses memaksanya apalagi ditambahi dengan atraksi yang menarik.

Ketika Tak Bisa Menjual, Sarankan

Ketika tak bisa menjual produk anda karena tidak memiliki apa yang sedang dicari customer jangan menggunakan cara-cara yang memaksa akan tetapi berikan mereka solusi alternatif berupa saran. Tunjukkan bahwa anda memang peduli dengan mereka untuk memberikan solusi terbaik buat mereka, selain itu pula tunjukkan bahwa anda tidak hanya menginginkan uang mereka saja.

Publikasikan

Saat ini sangat mudah sekali untuk mempublikasikan sendiri apa yang sedang terjadi atau apa saja yang perlu dipublikasikan ke masyarakat. Dengan banyaknya jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, blog menjadikan hal ini semakin mudah dan semakin lebih dekat dengan customer.

Tahu Diri Ketika Waktunya Harus Menjauh

Jika anda tidak mengetahui apa yang diinginkan oleh customer tapi pesaing kita mengetahuinya, biarkan saja customer mengetahui hal itu. Mereka tahu kalau anda sedang menjual sesuatu akan tetapi anda membiarkannya dan tidak memaksakan keinginan anda yang tidak diinginkan oleh customer. Customer akan merasa berterima kasih akan hal itu dan anda sudah mendapatkan kepercayaan dari customer karena hal itu. Kemungkinan nantinya customer akan mencari anda ketika membutuhkan jasa / produk dari anda.

About Wamir

Wamir hanyalah seorang pengamat semua bidang pengetahuan terutama pengetahuan tentang internet seperti SEO, Social Media, dan perkembangan teknologi website. Selain itu juga menggemari pengetahuan tentang bisnis, baik offline maupun online. Dia juga gemar berbagi pengetahuan apapun yang sudah diketahuinya.
This entry was posted in Internet and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>