Sekarang, status teman facebook-mu bisa kamu tandai dislike

  • Share
  • Share on Tumblr
  • SumoMe
  • Share
  • Share on Tumblr

dislike1


Pengguna jejaring sosial Facebook mungkin sudah terbiasa dengan pengoperasian tata cara pemasangan status ataupun mengkomentari status teman kita. Selain kita memberikan respon terhadap status teman kita, kita hanya bisa memberikan komentar dan memberikan tanggapan  dengan memberikan tanda suka (like).

Dengan hanya memberikan respon berupa menandai suka (like) pada status yang ditulis oleh teman kita, rasanya kok tidak berimbang. Tidak berimbangnya karena Tim Facebook Developer hanya menyediakan tanda suka (like) pada status teman kita tersebut. Kalau kita tidak suka dengan status wall teman kita seharusnya Tim Facebook Developer juga menyediakan fasilitas penanda tidak suka (dislike). Bener enggak ? Yang terjadi saat ini, kalau kita tidak suka dengan status wall teman kita, kita hanya membuat tulisan untuk mengkomentari status teman kita itu.

Sekarang kamu jangan khawatir, karena saat ini status wall temenmu sudah bisa ditambahi dislike sehingga kamu bisa menandai jika ada status temenmu yang tidak kamu sukai. ūüėČ

Lihat gambar dibawah ini dan bandingkan dengan facebookmu yang sekarang ini. Bisakah menemukan perbedaannya ?

fb_dislike

Kalau kamu pengen facebookmu seperti gambar diatas yang ada penanda dislike, kamu harus menginstal addons “Facebook Dislike” pada browser Firefoxmu.

Setelah kamu install addons tersebut, kamu bisa melakukan penandaan dislike pada status temenmu yang tidak kamu sukai.

Namun sayangnya, agar ketidaksukaanmu terhadap status temenmu itu diketahui oleh yang bersangkutan atau diketahui oleh temennya pemilik status, mereka semua juga harus menginstall addons ini.

Ahh.. gak enak dong kalo gitu harus barengan install addons ini sendiri-sendiri ?

Eiiiits tunggu dulu….

Memang pembuat Facebook Dislike ini bukan dari Facebooknya sendiri, akan tetapi kedepannya konsep ini bisa diterapkan bebarengan demi kepentingan bisnis/keuntungan antara Facebook dengan vendor browser misalkan Firefox ini.

Selama ini layanan web Facebook merupakan aplikasi client side atau menggunakan javascript. Hal ini yang membuat pengguna facebook merasa lambat ketika membuka  atau mengakses facebook dan terkadang tidak tampil secara sempurna karena java script yang dijalankan tidak jalan sempurna sehingga tampilan facebook tampak kacau/morat-marit. Bener ?

Dengan browser Firefox kita tambahi addons Facebook Dislike, tampilan Facebook kita ada tambahan menu dislike berarti addons tersebut merupakan Java Script code. Dengan begitu sudah pasti Java Script code tersebut bisa dijalankan secara maksimal / cepat akses karena browser kita tidak perlu lagi mendownload Java Script tersbut bolak-balik. Bener ?

Bayangkan saja, jika Tim Facebook Developer membuat total Java Script-nya Facebook ini kepada salah satu vendor browser misalkan ke Firefox. Kedepannya apa yang bisa kamu perkirakan ?

Iya, Facebook akan mendapatkan keuntungan yaitu server Facebook.com akan diakses lebih ringan karena servernya hanya melayani sedikit transfer data ke user.  Java Scriptnya yang utama sudah ada didalam browsernya  masing-masing user karena sudah dibundle jadi satu dengan Firefox versi terbaru. Dengan begitu, Facebook tidak lagi melakukan pengadaan server lagi untuk mensupport usernya yang sudah mencapai lebih dari 300 juta orang seluruh dunia.

Keuntungan bagi Firefox yaitu browsernya akan menjadi pilihan user tertinggi sedunia karena support layanan Facebook.com ini dan tercepat dalam hal akses Facebook.com. hihihihi….

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Google ketika membantu Microsoft dengan memberikan Framework plugin untuk Internet Explorer (IE) agar browser IE ini lebih cepat 10 kali lipat ketika mengakses website di Internet. Ngomongnya sih semua website padahal¬† Google memiliki tujuan tersembunyi yaitu karena IE usernya masih banyak diharapkan nantinya juga akan menjadi browser yang nyaman ketika mengakses Google Wave di masa mendatang. hihihihi…

Begitu….

About Wamir

Wamir hanyalah seorang pengamat semua bidang pengetahuan terutama pengetahuan tentang internet seperti SEO, Social Media, dan perkembangan teknologi website. Selain itu juga menggemari pengetahuan tentang bisnis, baik offline maupun online. Dia juga gemar berbagi pengetahuan apapun yang sudah diketahuinya.
This entry was posted in Internet and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>