[Idea] Tagihan bulanan lebih mudah via layanan milik Lintasarta

  • Share
  • Share on Tumblr
  • SumoMe
  • Share
  • Share on Tumblr

padss1


Tulisan ini adalah ide untuk Lintasarta yang menyelenggarakan event membuat ide kreatif di http://creativesolutionsaward.com/.

Tagihan bulanan bagi sebagian orang yang memiliki kesibukan akan terasa menyita waktu saat sedang menjalani antrian yang panjang. Selain itu pula terkadang orang juga tidak mau meluangkan waktu untuk memikirkan kapan tagihan-tagihan harus dibayarkan alias ingin semuanya bisa beres dengan sedikit waktu dan sedikit berpikir.

Diharapkan Lintasarta menjadi perusahaan yang menjadi pengelola antara penyedia layanan dengan konsumen / Payment Hub Company.

Ide ini akan dijelaskan secara singkat/sekilas saja agar semua orang bisa lebih cepat paham daripada dijelaskan secara teknis.

Tagihan-tagihan pokok yang bisa ditangani antara lain :

  1. Listrik.
  2. PDAM.
  3. Telepon.
  4. Gas (bagi sebagian daerah).
  5. Tagihan utang finance (optional)
  6. Tagihan TV kabel.

Dan layanan-layanan Lintasarta yang bisa diintegrasikan untuk bisa digunakan mendukung sistem tagihan bulanan ini antara lain :

  1. Smart Card.
    Smart Card ini diimplementasikan untuk pembuatan member card/kartu pelanggan semua tagihan.
    Fungsi member card ini :

    • Untuk sistem antrian di kantor tagihan yang bersangkutan misalkan di telkom,PLN,dll.
    • Pelanggan bisa memilih langganan sistem voucher (alat PLN, PDAM, TV, gas  dirumahnya pelanggan harus diganti) untuk alternatif penghematan pemakaian.
    • ID Card number (nomer yang tertera di Smart Card) digunakan untuk validasi pembayaran cara lain yang menggunakan fasilitas-fasilitas lainnya seperti SMS, Payment online.
  2. SMS Corporate.
    Pelanggan yang ingin mengetahui tagihan-tagihan bulanannya bisa dengan cara mengirim SMS yang kemudian direspon direspon dengan informasi yang diminta. Selain itu juga bisa melakukan pembayaran tagihan dengan mengurangi pulsa dengan catatan harus tahu ID Card number (nomer yang tertera di Smart Card). Sistem akan verifikasi No. ponsel dgn No. ID Card sehingga jika ponsel tidak bisa digunakan untuk membayar ID Card member lainnya.
  3. Payment Online.
    Pembayaran juga bisa dilakukan melalui internet dengan catatan harus tau  ID Card number (nomer yang tertera di Smart Card)  untuk validasi pembayaran online.
  4. Corporate Mailer.
    Penyedia layanan yang ingin menyampaikan informasi kepada pelanggannya seperti informasi promo, pemberithuan hadiah. Kemudian pelanggan juga bisa mensetting informasi apa yang diinginkan dengan perusahaan penyedia layanan yang pelanggan gunakan. Dokumen-dokumen resmi seperti invoice, bukti pembayaran, dan dokumen lainnya yang berkaitan diantara penyedia layanan publik dengan konsumennya juga dikirimkan melalui corporate mailer ini.
  5. Vicon (Video Conference).
    Jika nantinya media internet sudah digunakan semua orang dan menjadi suatu hal yang murah, pelanggan yang ingin komplain bisa secara langsung menggunakan fasilitas Vicon untuk menemui customer service (CS). Pelanggan akan dilayani oleh CS setempat yang menggunakan vicon dan oleh perusahaan layanan terkait yaitu PLN, PDAM, dll.

Lintasarta benar-benar menjadi perusahaan yang sesuai dengan namanya yaitu Lintas Arta / Payment Hub Company yang artinya PT. Lintasarta menjadi penghubung / Hub antara konsumen dengan perusahaan swasta/BUMN penyedia layanan yang ada di Indonesia bahkan dunia.

About Wamir

Wamir hanyalah seorang pengamat semua bidang pengetahuan terutama pengetahuan tentang internet seperti SEO, Social Media, dan perkembangan teknologi website. Selain itu juga menggemari pengetahuan tentang bisnis, baik offline maupun online. Dia juga gemar berbagi pengetahuan apapun yang sudah diketahuinya.
This entry was posted in Idenya Wamir and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>