Layanan informasi parkir via ponsel (SMS, UMB, Hunting Call )

  • Share
  • Share on Tumblr
  • SumoMe
  • Share
  • Share on Tumblr

automatic-car-park11


Tulisan ini untuk membantu sempurnakan ide yang sudah ada di http://www.creativesolutionsaward.com/ideaview.php?id=19.

Sebelumnya saya akan jelaskan tentang sistem parkir yang harus dipersiapkan mengenai alat-alat yang dibutuhkan ataupun sistem datanya

  1. Sistem parkir yang dibutuhkan seperti tempat parkir di mall-mall yang sudah ada namun perlu penambahan alat bantu lain guna mendeteksi tempat parkir per mobil.
  2. Tempat parkir yang sudah ada biasanya sudah tersedia loket masuk parkir dan diberi tiket parkir yang sudah menggunakan sistem komputer yang nantinya akan di integrasikan dengan alat pendeteksi di tiap-tiap parkir mobil.
  3. Di tiap-tiap area parkir mobil dipasang alat pendeteksi bahwa area tersebut sudah dipakai parkir oleh mobil atau tidak (area parkir statusnya kosong).
    Alat yang bisa digunakan yaitu berupa tombol panjang jika dilewati oleh dua roda depan mobil akan menekan dan mengirimkan data status, menjadi “used”,”dipakai” “isi”, sudah pasti area itu sudah dipakai dan diberi tanda lampu merah. Mobil yang sudah mendapat tiket parkir sudah dicatat oleh sistem komputer dengan mengurangi jumlah total parkir yang disediakan. Lampu merah ini hanya difungsikan untuk mengetahui area parkir mana yang dipilih oleh orang tersebut yang kemudian informasinya disampaikan melalui layar televisi LCD yang dipasang disetiap jalur ruas parkir (lantai berapa, nomer urutan parkir berapa yang sudah kosong) atau CCTV (area parkir yang akan di masuki bisa diketahui melalui LCD)
  4. Setelah tombol tertekan karena dilewati roda mobil kemudian diberi batas waktu hingga 5 menit kedepan memberi kesempatan kepada penumpang untuk turun dari mobilnya hingga menutup kembali pintu mobilnya dan meninggalkan area parkir dan status dipastikan lagi area parkir “DIPAKAI”. Selama mobil tersebut tidak bergeser dan menekan tombol dibawah mobil, area tersebut tetap berstatus “DIPAKAI”.
  5. Untuk mengetahui pemilik mobil sudah meninggalkan area parkir atau belum, dan juga pemilik mobil sudah kembali lagi untuk memasuki mobilnya (pulang) diperlukan alat tambahan menggunakan alat deteksi lagi berupa infra merah. Alat ini yang akan memberikan status “processing” saat pemilik mobil meninggalkan (masuk mall) atau mendekati mobil (bertujuan keluar dari mall/pulang). Prinsip kerjanya infra merah ini selama ada pergerakan disamping mobil berarti status masih “processing”.
  6. Setelah beberapa jam mobil sudah ditinggalkan, status parkiran itu adalah “DIPAKAI”kemudian pemilik mobil datang kembali setelah belanja di mall status menjadi “Proccesing to leave”, “proses keluar” berarti diberi tanda lampu kuning hingga mobil dimundurkan yang otomatis telah menekan tombol dibawah mobil saat rodanya melintasi tombol.Status parkir berubah menjadi kosong dan langsung ditandai dengan lampu hijau serta mengirimkan data ke sistem komputer bahwa area parkir tersebut sudah kosong.
  7. Gambaran dari sistem parkir diatas untuk mendeteksi area parkir yang berstatus “DIPAKAI”, “PROSES KELUAR”, dan “KOSONG”. Status itu yang pasti akan dicatat oleh sistem komputer untuk diinformasikan kepada pelanggan parkir melalui SMS, UMB (User Menu Browser) ataupun Hunting Call Center yang dipandu oleh mesin.  Informasi yang akan disampaikan kepada pelanggan contohnya seperti:
    Jumlah total area parkir bisa menampung 500 mobil

    • 300 parkir “DIPAKAI” berdasarkan total tiket yang sudah keluar.
    • 50 parkir “PROSES KELUAR” berdasarkan informasi yang dikirimkan oleh infra merah dan lampu kuning.
    • 150 parkir “KOSONG” berdasarkan informasi dari tombol yang dilewati roda mobil dan lampu hijau.

    Sedangkan untuk lampu merah tidak diinformasikan kepada pelanggan yang ingin dapat info dari ponselnya, tapi lampu merah ini untuk diinformasikan ke layar LCD.

  8. Jadi gambaran sistem komputerisasi di area parkir seperti penjelasan diatas, jika ada yang kurang atau masih ada kejanggalan bisa di informasikan.

Sekarang membahas bagaimanakah cara/metode agar calon pelanggan bisa mendapatkan informasi parkir di suatu mall.

  1. SMS (Short Message Send)
    Jika ada orang yang menggunakan layanan SMS untuk mendapatkan informasi parkir konsekuensinya adalah akan mendapatkan reply atau jawaban dari sistem komputer parkir lebih lama karena tahu sendirilah SMS terkadang cepet terkadang terlambat diterimanya.
    Sehingga orang yg akan parkir seharusnya sdh kirim SMS dulu sebelum atau saat menuju ke Mall jika ingin mengetahui info tempat parkir.
    Misal : ketik PARK spasi <nama mall> spasi <nama kota>  ke 7275 akan direply MATOS Malang 300 used, 50 out process, 150 available
    Jika pelanggan kirim SMS lagi, jawaban jumlah parkir bisa saja berubah karena mengikuti kondisi nyata di area parkir maka dari itu pelanggan yang memperkirakan peluang  mendapatkan parkir yaitu di angka out process dan available.
  2. UMB (User Menu Browser)
    Layanan UMB ini mungkin lebih cepet dan dari segi ketepatan waktu mungkin lebih pasti UMB daripada SMS tapi menggunakan layanan UMB ini butuh konsentrasi lebih untuk melihat menu-menu yang disediakan melalui ponselnya.
  3. Call ke nomer layanan parkir mis. PARK  atau 7275
    Layanan call ini merupakan metode yang paling mudah dilakukan dan paling cepat mendapatkan informasi parkir akan tetapi saya tidak tahu mengenai call traffic ke nomer tersebut. Layanan call ini seperti ketika kita ingin mendapatkan informasi pulsa dan masa aktif pulsa di ponsel kita.
    Misal: pelanggan nge-call ke nomer 7275 kemudian dijawab oleh mesin yang menyuruh memasukkan <nama kota> <nama mall/gedung>

REJECTED!!!

About Wamir

Wamir hanyalah seorang pengamat semua bidang pengetahuan terutama pengetahuan tentang internet seperti SEO, Social Media, dan perkembangan teknologi website. Selain itu juga menggemari pengetahuan tentang bisnis, baik offline maupun online. Dia juga gemar berbagi pengetahuan apapun yang sudah diketahuinya.
This entry was posted in Idenya Wamir and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>