Pertama kalinya facebook rayakan Idul fitri di tahun 2009 ini

  • Share
  • Share on Tumblr
  • SumoMe
  • Share
  • Share on Tumblr

facebook2009-04-21-12403436331


Setelah membaca judul tersebut jangan menduga kalau facebook yang kantornya berada di amrik itu yang akan merayakan Idul Fitri, karena tulisan ini tidak ada kaitannya dengan orang-orang Facebook dengan lebaran akan tetapi produknya yang akan di hubungkan dengan Idul Fitri.

Sebelumnya akan tulisan ini akan menceritakan beberapa mengenai kondisi, situasi saat merayakan Idul Fitri yang kemungkinan besar memiliki kesamaan tradisi di setiap daerah di Indonesia saat merayakan tahun baru Hijriyah ini, Idul Fitri.

Dahulu itu, saat masyarakat Indonesia merayakan Idul Fitri sebelum atau sesudah shalat Id akan membuat sebuah rencana untuk melakukan kegiatan saling bermaaf-maafan dengan tetangga sekitar ataupun dengan keluarga yang jaraknya jauh hingga keluar kota misalnya.

Jadi orang terdahulu mengucapkan kalimat maaf-memaafkan saat merayakan Idul Fitri ini seakan-akan kurang pas kalau tidak langsung bertemu dengan orang yang bersangkutan. Hal ini juga bisa dibuktikan bahwa setiap merayakan Idul Fitri hampir semua orang akan pulang kampung atau mudik hingga menjadi suatu trend.

Trend mudik, trend berkunjung ke kerabat keluarga, kemudian mengunjungi teman-teman lama, terkadang juga mengunjungi teman baru merupakan budaya yang sudah diciptakan oleh masyarakat kita di Indonesia ini. Namun budaya-budaya seperti itu kemungkinan akan mengalami sedikit perubahan dan sedikit berubah menuju ke tingkat yang lebih praktis atau lebih instan daripada aktifitas-aktifitas sebelumnya.

Pastinya saat ini masyarakat Indonesia di kalangan tertentu sudah merasakan ada alat bantu yang sedikit bisa mewakili aktifitas-aktifitas yang biasa dilakukan pada masa lampau saat menjelang atau saat merayakan Idul Fitri.

Dengan hadirnya teknologi komunikasi dan teknologi informasi, bisa menghadirkan alat komunikasi yang bisa digunakan oleh setiap orang per orang, seperti telepon seluler atau ponsel yang bisa berbicara langsung ataupun mengirimkan pesan pendek (SMS) kepada orang yang dituju.

Dari sini saja, tradisi yang sudah mulai menghilang yaitu tradisi mengirim kartu ucapan selamat merayakan hari raya  Idul Fitri kepada koleganya melalui jasa layanan pos.  Dengan hanya mengirimkan SMS saja, aktifitas memberi ucapan sudah bisa disampaikan dengan biaya lebih murah dan lebih cepat yang dinamakan lebih praktis atau lebih instan.

Kemudian dengan langsung berbicara melalui telepon tersebut juga sudah mewakili aktifitas yang sebelumnya datang berbondong-bondong satu keluarga mengunjungi kerabat keluarga yang memiliki hubungan darah sedikit lebih jauh misalkan keluarga dari keturunan kakek-neneknya atau keluarga lain dari generasi pertama,kedua, ketiga dan selanjutnya. Dengan melakukan aktifitas telepon seakan-akan sudah bertemu langsung atau bertatap muka guna menjalin hubungan keluarga, teman, atau teman.

Dan sekarang, pada tahun 2009 ini sudah masuk lagi teknologi informasi yang di fasilitasi melalui sarana internet bisa melakukan aktifitas lainnya dengan dibantu munculnya website Social Network atau bahasa Indonesia-nya jejaring sosial yang bernama Facebook.

trend_facebook

Facebook ini mulai populer di Indonesia dan pertama digunkan oleh orang Indonesia (berdasarkan IP Address) pada tanggal 4 Januari 2009. Sebelumnya memang sudah ada sosial network, Friendster.com namun sosial network ini tidak bisa merangkul menarik minat orang dewasa atau orang tua akan tetapi dengan munculnya Facebook ini bisa merangkul semua kalangan dan hampir semua yang kenal internet memiliki account di Facebook.com ini. Facebook mengambil alih anggota Friendster.com dimulai pada bulan Juni 2009.

Masyarakat Indonesia memanfaatkan website ini untuk menyampaikan pesan-pesan atau ucapan melalui sosial network ini, Facebook.  Mereka seakan-akan sudah asyik sendiri melakukan kegiatan komunikasi dengan Facebook ini dan seakan-akan pula sudah seperti bertemu langsung dengan orang yang bersangkutan.

Jadi hari raya Idul Fitri (1 Syawal 1430 H) pada tahun 2009 masehi ini merupakan pertama kalinya Facebook ikut merayakan semaraknya Idul Fitri tahun ini.

About Wamir

Wamir hanyalah seorang pengamat semua bidang pengetahuan terutama pengetahuan tentang internet seperti SEO, Social Media, dan perkembangan teknologi website. Selain itu juga menggemari pengetahuan tentang bisnis, baik offline maupun online. Dia juga gemar berbagi pengetahuan apapun yang sudah diketahuinya.
This entry was posted in Facebook and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Pertama kalinya facebook rayakan Idul fitri di tahun 2009 ini

  1. fajarfaqih says:

    tapi suatu saat facebook akan tergantikan oleh website lain yang lebih sempurna

    Wamir : Google Wave, mungkin…

  2. isdah ahmad says:

    Facebook ini mulai populer di Indonesia dan pertama digunkan oleh orang Indonesia (berdasarkan IP Address) pada tanggal 4 Januari 2009

    sing pertama nggawe wong indonesia?

    Wamir : mosok wong Indonesia melu nggawe fesbuk ? qiqiqiqi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>