Manusia cenderung naif terhadap kelakuannya sendiri

  • Share
  • Share on Tumblr
  • SumoMe
  • Share
  • Share on Tumblr

Kasihannya udang dibodoh”kan oleh manusia karena keterbatasan otaknya *otak Udang* tapi tetap aja dituduh macem” padahal lagi nyantai dituduh ada maksud tertentu oleh manusia *ada udang dibalik batu*. Manusia baru berkata enak ketika dirinya berada diatas piring stlh digoreng *udang goreng*.

Kalimat-kalimat diatas itu menunjukkan bahwa manusia itu memiliki pemikiran yang macam-macam dan didukung pula dengan sifat-sifat yang dimiliki oleh manusianya itu sendiri. Istilah dari daerah Jawa yang cocok untuk hal ini namanya bisa menggunakan istilah “Sawang Sinawang” atau dalam bahasa Indonesia artinya manusia saling melihat berdasarkan asumsinya sendiri tentang manusia lainnya.

Manusia bisa berkata apa saja ketika sedang melihat manusia lainnya seperti kekayaan, kepandaian, kecantikan, ketampanan, sifat, watak, nasib, perilaku, dll. Asumsi yang telah diputuska dalam benaknya bisa saja berisi hal-hal yang negatif maupun hal-hal yang positif.

Akan sangat naifnya ketika seorang manusia bisa berasumsi negatif terhadap seseorang kemudian asumsi dalam pikirannya disalurkan dalam suatu tindakan misalnya dengan mengucapkan asumsinya itu kepada orang yang bersangkutan dengan nada emosi tinggi hingga orang yang menjadi korban itu merasa drop kemudian secara tidak sadar orang yang sudah menghina, menghujat, dan merendahkan orang itu masih memanfaatkan dan mengambil untung dari orang tersebut.

Apakah masih banyak manusia-manusia yang beredar seperti ini ?

Kalaupun ada sebaiknya segera merubah sikap mengenai penyaluran asumsi pikiran ke sebuah tindakan. Kalaupun memiliki pikiran mengenai orang lain sebaiknya dikonsumsi sendiri atau kalau bisa disalurkan dengan sebuah tindakan yang lebih arif demi kebaikan bersama (kebaikan untuk anda sendiri dan kebaikan orang yang anda target).

About Wamir

Wamir hanyalah seorang pengamat semua bidang pengetahuan terutama pengetahuan tentang internet seperti SEO, Social Media, dan perkembangan teknologi website. Selain itu juga menggemari pengetahuan tentang bisnis, baik offline maupun online. Dia juga gemar berbagi pengetahuan apapun yang sudah diketahuinya.
This entry was posted in Lain-lain and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>