Konsep layanan download lagu gratis tapi tetap legal

  • Share
  • Share on Tumblr
  • SumoMe
  • Share
  • Share on Tumblr

2215914338_24538736c11


Revolusi bisnis dunia musik mulai ada perubahan lagi setelah ada perubahan produksi media simpan dari kaset pita ke kepingan CD. Saat ini muncul teknologi baru/format lagu yang dinamakan DRM (Digital Right Management). Dengan format file DRM ini bisa membatasi berapa kali dijalankan, berapa kali digandakan, disisipi password dan yang lainnya.

Dengan pembatasan menggunakan teknologi baru seperti itu mungkin tetap saja penikmat lagu tetap menginginkan sesuatu yang lebih murah atau kalo bisa gratis. Jangan disalahkan secara mutlak kepada perseorangan yang menikmati musik itu, akan tetapi mereka mungkin masih merasa ingin lebih hemat saja daripada uangnya dibelikan lagu, akan lebih nyaman uangnya dibelikan untuk makan dan beli kebutuhan lain yang lebih tahan lama masa pakainya dan mungkin ekonomi masyarakatnya masih rendah sekali karena faktor ekonomi negara.

Jek eman duite gawe tuku file lagu sing berekstensi DRM iki.

Solusinya ……

Carikan cara lainnya agar penikmat musik tetap mendapatkan file musik secara gratis akan tetapi tetap memiliki legalitas dan pemilik lagu juga tidak dirugikan untuk tetap mendapatkan bayaran yang dinamakan royalti itu.

Hmmmm….. bagaimana yaa caranya…

Semua orang yang akan mendownload di website diwajibkan untuk register/daftar ketika akan mendownload lagu. Semua pengunjung yang akan mendownload akan dipaksa untuk melihat iklan yang berdurasi bisa berupa animasi atau iklan model lainnya.

Terlalu mudah dengan hanya melihat iklan yang mungkin oleh pengunjung, khawatir iklan tersebut diabaikan saja oleh pengunjung maka perlu ditambahi lagi cara lainnya.

Pengunjung harus mengumpulkan point yang dihitung berdasarkan dari jumlah iklan yang pernah dilihatnya, misalnya akumulasi point selama seminggu berkunjung ke website kita totalnya 3000 poin. Agar pengunjung tidak bosa melihat iklan, iklan ditampilkan secara random dari banyak advertiser.

Diasumsikan harga per 1 lagu itu Rp. 5000,- atau 5000 poin maka pengunjung tersebut harus berkunjung ke website lagi untuk melihat iklan di website kita guna menambah kekurangan poinnya. Penambahan poin ini tetap terus berlanjut walaupun si pengunjung tidak berkeinginan mendownload lagu, akan tetapi jika sewaktu-waktu pengunjung web ingin mendownload lagu tinggal melihat berapa poin yang dia miliki.

Kemudian pemilik/pencipta lagu akan mendapatkan bayaran berupa royalti yang berdasarkan jumlah lagu  ciptaanya yang didownload oleh pengunjung web kita.

Darimana uang untuk membayar pencipta lagu ?

Dari klien pemasang iklan yang iklannya sudah dilihat oleh pengunjung web selama beberapa hari bahkan hingga beberapa bulan.

Efektif karena iklannya dilihat oleh pengunjung internet karena mereka membutuhkan poin untuk mendapatkan lagu yang diinginkannya dan pemilik lagu juga mendapatkan bayaran royalti.

Efisien karena pengunjung tidak perlu membayar untuk sebuah lagu bahkan beberapa lagu dan tidak perlu perusahaan rekaman memproduksi media simpan untuk penjualannya.

Tidak melanggar hukum karena tidak ada pembajakan/piracy dan orang yang memiliki hak cipta lagu mendapatkan royalti sesuai dengan jumlah lagu ciptaannya didownload oleh pengunjung internet.

About Wamir

Wamir hanyalah seorang pengamat semua bidang pengetahuan terutama pengetahuan tentang internet seperti SEO, Social Media, dan perkembangan teknologi website. Selain itu juga menggemari pengetahuan tentang bisnis, baik offline maupun online. Dia juga gemar berbagi pengetahuan apapun yang sudah diketahuinya.
This entry was posted in Internet and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Konsep layanan download lagu gratis tapi tetap legal

  1. ferdhie says:

    Subscribtion channel sudah mulai dilakukan oleh last.fm. Ya benar, DRM is dead sux 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>