Penentuan URL yang baik pada sebuah situs

  • Share
  • Share on Tumblr
  • SumoMe
  • Share
  • Share on Tumblr

Internet memang sedang di dominasi oleh search engine untuk mencari sesuatu di internet dalam hal ini search engine yang sangat populer digunakan oleh pengunjung internet adalah Google kemudian Yahoo.

Karena yang sering digunakan oleh user itu Google maka paling tidak kita harus mengikutinya jika ingin situs kita dikenal oleh user. Abis user suka dengan Google, jadi kita yang memiliki situs seharusnya juga mengikuti apa kata Google.

Unified Related Link (URL) yang baik adalah URL yang bisa dibaca atau dimengerti oleh manusia, hal ini karena pengunjung internet adalah manusia. Hewan sudah atau belum yaa ?

Kenapa URL harus mudah dibaca ? karena URL yang mudah dibaca akan memiliki peluang besar halaman (link) tersebut dikunjungi oleh pengguna internet yang penasaran karena nama link tersebut sesuai dengan yang dia cari.

Contoh :
Jika anda mencari tentang proses produksi gelas di google kemudian yang ditemukan

contoh.com/proses-produksi-gelas-yang-paling-mudah

dibandingkan dengan

contoh.com/index.php?id_sezione=360&sid=3a5ebc944f41daa6f849f730f1

anda pasti akan lebih memilih URL yang atas.

OK, sekarang mengenai keinginan Google yang harus kita ikuti mengenai URL. Google menganjurkan agar penulisan URL memperhatikan kalimatnya.
Kalimat tidak boleh disambung
contoh.com/prosesproduksigelasyangpalingmudah

Spasi digantikan dengan desh (-) akan lebih baik

contoh.com/proses-produksi-gelas-yang-paling-mudah

daripada menggunakan underscore (_)
contoh.com/prosesproduksigelasyangpalingmudah

Kenapa Google lebih senang dengan URL yang telah dijelaskan diatas daripada menggunakan URL yang sulit dibaca karena ada angka-angka yang tidak jelas dan kode-kode ?

karena ketika Google melakukan crawl / fetch /menelusuri isi dari situs kita untuk di index di databasenya google lebih mudah, lebih pasti dan lebih cepat menemukan halaman-halaman yang ada di situs kita. Jika menggunakan URL yang rumit itu Google akan menemui halaman yang mungkin memiliki arah atau halaman yang sama sehingga akan menghabiskan bandwidth yang nantinya juga tidak dapat mengindek seluruh halaman situs kita dan otomatis membebani server kita karena Google melakukan crawling.

Yang kurang disukai oleh Google yaitu semua URL yang sulit untuk dibaca itu yang mungkin didalamnya memiliki arti seperti kalender, session ID, parameter dll. Kemudian jika ada link namun jika diklik tidak ada filenya Google juga tidak menyukai hal ini.

Karena sepak terjang Google untuk menelusuri situs kita dari ujung ke ujung maka diperlukan beberapa hal yang harus diperhatikan.

Gunakan file robots.txt untuk membatasi kinerja Googlebot mengenai URL yang tak perlu di index dan URL-URL yang bermasalah. Jika ada URL yang dinamis seperti situs belanja sebaiknya Googlebot perlu diblokir melalui file robots.txt agar tidak melakukan Crawl.

Jangan menggunakan URL yang menggunakan URL yang menampilkan session ID, tapi gunakan saja cookie.

URL yang pendek akan semakin lebih baik daripada yang panjang.

Periksa link yang rusak atau link yang seharusnya tidak di index dengan cara memasukkan site:URLanda.com ke kotak searchnya Google.

Félicitations au travail, au revoir

About Wamir

Wamir hanyalah seorang pengamat semua bidang pengetahuan terutama pengetahuan tentang internet seperti SEO, Social Media, dan perkembangan teknologi website. Selain itu juga menggemari pengetahuan tentang bisnis, baik offline maupun online. Dia juga gemar berbagi pengetahuan apapun yang sudah diketahuinya.
This entry was posted in Musik and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>